Sisi mana yang sering anda lihat?

Sebuah pertanyaan yang saya ingin lontarkan adalah, mengapa kebanyakan dari orang-orang jika melihat sesuatu hanya dari sisi buruknya saja? Mengapa tidak pernah melihat dari ssi baiknya?

Contoh saja X (nama disamarkan), sifatnya yang keras kepala, wajah yang garang, perkataan yang selalu menyakitkan bagi siapapun yang mendengarnya, tapi disisi lainnya dia mempunyai sifat yang perhatian, dan santun jika orang yang lebih tua darinya sedang memberi pengarahan untuknya.

X dijauhi oleh orang-orang disekitarnya, dia dicampakan bahkan namanya selalu dijadikan bahan omongan para tetangganya. Saat ini X telah menikah dan mempunyai seorang anak perempuan yang cantik, namanya Cia (nama disamarkan). Anak tersebut sangat aktif dalam kesehariannya. Namun apa mau dikata, anak tersebut juga sangat tidak disukai oleh orang-orang disini.

Cia itu baru berumur 2 tahun dan setiap hari dia selalu ceria ketika bermain dengan teman-temannya, tapi sedikit jail (namanya juga anak-anak). Pernah saya mendengar Cia dimarahi oleh seorang ibu-ibu karena dia menjambak rambut anak ibu tersebut yang saat itu sedang naik odong-odong, mungkin saja Cia gemes dan gregetan namun melampiaskan dengan cara yang tidak baik.

Kemudian salah satu ibu nimbrung dengan kata-kata yang tidak sepantasnya di ucapkan dihadapan anak kecil. Dia bilang:

“anak itu emang kasar ga jauh dari bapaknya, berantem depan emaknya ampe dipukul KDRT didepan umum”.

Saya yang mendengar hal seperti itu sangat miris, saya berpikir semua ayah akan sayang terhadap anaknya, tidak satupun ayah mengajarkan hal yang tidak baik untuk anaknya. Mungkin saja X tidak sengaja melakukan hal tersebut didepan anaknya, atau juga didepan umum. Namun sebaiknya ibu tersebut jangan berbicara hal yang bisa membuat Cia sedih, meskipun Cia masih kecil dan tidak mengerti apa-apa dia juga punya perasaan.

Setiap anak itu spesial dan memiliki kelebihan pada bidangnya, namun kadang jika mereka melakukan suatu hal yang menurut orang dewasa tidak masuk akal anak tersebut hanya dicampakkan. Mereka hanya ingin diperhatikan lebih bukan kasar ataupun jahat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s