Bimbingan Ke-4

Bimbingan 18 January 2013

Materi Bimbingan    : Cover, Abstraksi, Bab I (Revisi)

Pembimbing         : Asep Jalaludin

Tempat        : Amik Wahana Mandiri

  • Perbaikan banyak huruf dalam penginputan di form
  • Perubahan nama judul
  • Cara menghapus inputan
  • Bab 2 browser (ie, opera, mf)
  • Gambar diberi nama judul gambar

Perbaikan banyak huruf dalam penginputan di form :


Judul yang telah ditentukan : SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA NILAI BERBASIS ONLINE PADA SMA DARUSSALAM CIPUTAT MENGGUNAKAN PHP dan MySQL

Cara menghapus inputan agar tidak usah kembali ke : http://localhost/phpmyadmin/



BAB II

KAJIAN TEORI

  1. Pengertian Komputer

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda untuk orang yang berbeda. Istilah computer diambil dari bahasa computare yang berarti menghitung. Berikut ini adalah beberapa definisi tentang komputer yang disajikan oleh beberapa pakar komputer :

  1. Menurut Robert H. Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  2. Menurut Donald H. Sandreas, komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu intruksi program yang tersimpan di memori.
  3. Menurut Gordon B. devis, komputer adalah tipe khusus alat perhitungan yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa komputer adalah alat elektronik yang menerima input data, mengolah data, memberikan informasi dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer serta dapat menyimpan program dan hasil dari pengolahan otomatis.

  1. Pengertian Sistem

Definisi sistem berkembang sesuai dengan konteks dimana pengertian sistem itu digunakan. Murdick dan Ross (1993) mendefinisikan: “Sistem sebagai seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan yang lainya untuk suatu tujuan bersama”.

Sementara menurut Scott (1996): “Sistem terdiri dari unsur-unsur seperti masukan (input), pengolahan (processing), serta keluaran (output)”.

Dengan demikian sistem dapat disimpulkan sebagai suatu kumpulan elemen-elemen yang saling terorganisasi, berinteraksi dan saling bergantung sama lain untuk mencapai suatu tujuan.

Sistem memiliki sifat-sifat atau karakteristik, sistem mempunyai beberapa komponen, yaitu :

  1. Komponen Sistem

    Suatu sistem dapat terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain dan bekerja sama membentuk satu kesatuan, sistem dapat terdiri dari bagian-bagian yang mempunyai fungsi berbeda dan saling terhubung.

  2. Batas Sistem

    Setiap sistem terdiri dari sub-sub sistem dan setip sistem atau sub sistem mempunyai tata kerja yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Sistem mempunyai kemampuan yang terbatas dan ruang lingkup yang terbatas. Batasan, merupakan batasan-batasan yang ada dalam mencapai tujuan dari sistem, dimana batasan ini dapat berupa:

  • Posedur
  • Biaya-biaya
  • Personel
  • Peralatan
  • Mekanisme pengolahan
  1. Lingkungan Luar Sistem

    Baik dan buruknya kinerja sistem dapat dipengaruhi oleh lingkungan luar sistem.

  2. Penghubung Sistem

    Untuk dapat berkomunikasi satu sub sistem dangan sub sistem yang lain di dukung adanya penghubung, input suatu sistem dapat berasal dari output sub sistem yang lain.

  3. Masukan Sistem

    Sesuatu yang dimasukan dalam sistem sehingga seistem dapat melakukan proses.

    Input, merupakan bagian dari sistem yang bertugas untuk menerima data masukan, dimana data dapat berupa:

  • Asal masukan
  • Frekuensi pemasukan data
  • Jenis pemasukan data
  1. Keluaran Sistem

    Hasil dari imputan yang telah dimanipulasi menjadi bentuk yang berbeda. Output, merupakan keluaran atau tujuan akhir dari sistem output dapat berupa, Laporan dan Grafik

  2. Pengolah Sietem

    Mekanisme manipulasi yang disebabkan dari masukan dengan menggunakan model atau metode tertentu.

    Proses, merupakan bagian yang memproses masukan data menjadi informasi sesuai dengan keinginan penerima:

  • Klasifikasi
  • Peringkasan
  • Pencarian
  1. Sasaran Sistem

    Sesuatu yang dapat dicapai dari perpaduan input, proses, dan putput yang berupa sasaran (objective) atau tujuan (goal).

    Tujuan, merupakan tujuan dari sistem tersebut yang dapat berupa: tujuan usaha, kebutuhan, masalah, prosedur pencapaian tujuan

  2. Kendali (control) Sistem

    Merupakan pengawas dari pelaksanaan pencapaian tujuan sistem, yang dapat berupa:

  • Kontrol pemasukan data (input)
  • Kontrol pengeluaran data (output)
  • Kontrol pengoprasian
  1. Pengertian Informasi

Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian yang nyata dan dapat digunakan untuk mengambil keputusan. Informasi ibarat darah yang mengalir dalam tubuh organisasi, sehingga informasi ini akan menjadi sangat penting di dalam suatu organisasi. Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan menjadi luruh, kerdil dan akhirnya berakhir. Dapat disimpulkan bahwa informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) dan kesatuannya nyata dan digunakan untuk pengambilan keputusan. (Kusrini, Tuntutan praktis membangun sistem informasi, 2007)

  1. Database

Database merupakan kumpulan data dan informasi dalam jumlah yang tidak sedikit. oleh karena itu database harus disusun sebagai kriteria terpola dengan jelas sejak dari awalnya.

Database adalah kumpulan seluruh sumber daya berbasis komputer milik organisasi dan sistem. Database yang dikendalikan oleh sistim manajemen database adalah satu set catatan data yang berhubungan dan saling menjelaskan. (Raymond McLeod, 2004).

  1. Database Management System (DBMS)

Sistem manajemen database atau database management system (DBMS) adalah merupakan suatu sistem software yang memungkinkan seorang user dapat mendefinisikan, membuat, dan memelihara serta menyediakan akses terkontrol terhadap data. Database sendiri adalah sekumpulan data yang berhubungan dengan secara logika dan memiliki beberapa arti yang saling berpautan.. (Kusrini, 2007)

  1. Sekilas Tentang Web

Www atau World Wide Web maupun Web saja adalah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser. untuk menterjemahkan dokumen hypertext ke dalam bentuk dokumen yang dapat dipahami oleh manusia, maka web browser melalui web client akan membaca halaman web yang tersimpan di sebuah web server melalui protokol yang sering disebut HTTP.

Sedangkan software atau perangkat lunak web browser saat ini tersedia dalam berbagai produk dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. beberapa web browser yang paling terkenal saat ini adalah Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari dan lain sebagainya.

Dokumen hypertext yang tersimpan di dalam sebuah webserver memiliki banyak link atau sambungan antara satu dokumen hypertext dengan dokumen hypertext lainnya. Dengan adanya link antar dokumen hypertext, maka hal tersebut dapat memudahkan pengakses untuk mengunjungi atau mendapatkan dokumen-dokumen terkait yang diinginkannya. Selebihnya dengan semakin banyaknya situs internet yang dapat diakses melalui browser dengan format http dan diikuti dengan www, dan alamat url web yang hendak diakses, maka muncullah sebuah situs pencari atau search engine, seperti halnya google.com dan yahoo.com sebagai sarana memudahkan pengguna internet untuk mencari berbagai dokumen yang tersedia melalui jutaan web di sebuah jaringan internet global. (yuhefizar, 2008)

  1. Pengertian PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini, PHP banyak dipakai untuk program situs web dinamis, contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah forum (phpBB) dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP merupakan script yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada server ( server side HTML embedded scripting ). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain. (Anhar, 2010)

  1. Sejarah PHP

PHP dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdorf (1995), yang pada awalnya dibuat untuk menghitung jumlah pengunjung pada home pagenya. Awalnya PHP kependekan dari personal home page saat itu namanya masih Form Interpreted. Selanjutnya pembuat PHP merilis kode sumber (open source) ke khalayak umum sehingga banyak programmer yang tertarik untuk mengembangkan PHP.

Pada tahun 1997 dirilis PHP 2.0 yang sudah di implementasikan dalam C, dan pada pertengahan tahun 1998 Zend merilis PHP 3.0 dengan digantinya singkatan personal home page menjadi hypertext preprocessor. Zend adalah nama perusahaan yang ikut andil dalam perkembangan PHP sejak tahun 1997. Selanjunya Zend merilis php 4.0 pada pertengahan tahun 1999 yang kemampuanya lebih kompleks. Dengan perkembangan zaman PHP versi 5.0 dirilis pada tahun 2004 dengan kemampuan barunya yaitu pemograman berorientasi objek / OOP (Virgi, 2011).

  1. Kelebihan & Kekurangan PHP

Kelebihan PHP :

  • Aplikasi dengan PHP cukup cepat dibandingkan dengan aplikasi CGI dengan Perl atau Phyton bahkan lebih cepat disbanding dengan ASP maupun Java dalam berbagai aplikasi web (Kecepatan ini bisa bervariasi karena dipengaruhi oleh tipe aplikasi dan jumlah pengunjung).
  • Tersedia baik di Windows maupun Linux, walau saat ini paling efektif di web server Apache dan OS Linux
  • Sintaks mirip C dan mudah dipelajari.
  • Komunitas yang ramai dan saling membantu.
  • Berbagai skrip atau aplikasi siap pakai yang gratis telah tersedia.

Kelemahan PHP :

  • Tidak ideal untuk pengembangan skala besar.
  • Tidak memiliki sistem pemrograman berorientasi objek yang sesungguhnya (sampai versi 4 ini).
  • Tidak bisa memisahkan antara tampilan dengan logik dengan baik (walau penggunaan template dapat memperbaikinya).
  • PHP memiliki kelemahan security tertentu apabila programmer tidak jeli dalam melakukan pemrograman dan kurang memperhatikan isu dan konfigurasi PHP.
  1. XAMPP

XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya. (hakim, 2010)

  1. Pengertian MySQL

MySQL adalah sebuah server database SQL multiuser dan multi-threaded. SQL sendiri adalah salah satu bahasa database yang paling popular di dunia. Implementasi program server database ini adalah program daemon ‘mysqld’ dan beberapa program lain serta beberapa pustaka.

    MySQL dibuat oleh TcX dan telah dipercaya mengelola sistem dengan 40 buah database berisi 10.000 tabel dan 500 di antaranya memiliki 7 juta baris (kira-kira 100 gigabyte data). Dan mudah digunakan. Walaupun memiliki kemampuan yang cukup baik, MySQL untuk sistem operasi Unix bersifat freeware, dan terdapat versi shareware untuk sistem operasi Windows.

    Selain itu juga MySQL adalah database server yang sangat ideal untuk data segala ukuran. Dengan kemampuannya yang dapat bekerja di lingkungan Unix maupun Win32 dan sifat yang Open Source Freeware (di bawah lingkungan GNU, General Public License), MySql menjadi pilihan yang tepat bagi pengembang aplikasi kelas menengah kebawah dan kelas korporat. Kemampuan palinh menonjol MySQL server adalah dalam hal kecepatannya yang sangat tinggi dalam melakukan proses data, multi-threaded, multi-user, dan sangat mudah dalam melakukan query dibandingkan SQL server yang lain.

    Sebagaimana database sistem yang lain, dalam SQL juga dikenal hirarki server dengan database-database. Tiap-tiap database memiliki table-tabel. Dan tiap table memiliki field. Umumnya informasi tersimpan dalam table-tabel yang secara logic merupakan struktur 2 dimensi yang terdiri atas baris dan kolom. (Syaukani, 2005)

  1. Pengertian Macromedia Dreamweaver

Macromedia Dreamweaver adalah sebuah HTML editor profesional untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web. Dreamweaver mambuatnya menjadi lebih mudah dengan menyediakan tool-tool yang sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dalam mendesain web.

Dreamweaver 8 dalam hal ini digunakan untuk web desain. dreamweaver 8 mengikutsertakan banyak tool untuk kode-kode dalam halaman web beserta fasilitas-fasilitasnya, antara lain: Referensi HTML, CSS dan Javascript, Javascript debugger, dan editor kode ( tampilan kode dan Code inspector) yang dapat mengedit kode Javascript, XML, dan dokumen teks lain secara langsung dalam Dreamweaver. Teknologi Dreamweaver mampu mengimpor dokumen HTML tanpa perlu memformat ulang kode tersebut dan dapat menggunakan Dreamweaver pula untuk membersihkan dan memformat ulang HTML bila kita menginginkannya.

Selain itu Dreamweaver juga dilengkapi kemampuan manajemen situs, yang memudahkan mengelola keseluruhan elemen yang ada dalam situs. juga dapat melakukan evaluasi situs dengan melakukan pengecekan broken link, kompatibilitas browser, maupun perkiraan waktu download halaman web. (http://duniascript.com/sekilas-tentang-macromedia-dreamweaver.html, 2012)

Gambar diberikan keterangan seperti :


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s