Hasil Akhir Tugas Script

Nah ini adalah hari dimana pengumpulan skenario ini di tampilkan di depan teman-teman sekelas. Memang sebenarnya skenario tidak menggunakan gambar, namun dalam skenario yang saya dan teman-teman buat ini berbeda. Mengapa kami menggunakan gambar? Agar kami tau bagaimana cara pengambilan gambar dengan kamera.

 

Baiklah sebelum membahas lebih tentang skenario ini, pertama-tama kami mengikuti kuliah penulisan script yang di ajarkan oleh Pak Karyana dan Pak Bagiono. Sudah satu minggu ini kami dilatih untuk mengembangkan Premis menjadi sebuah Sinopsis, dari Sinopsis kita kembangkan menjadi sebuah cerpen yang bisa di cek di link: lalu kita kembangkan lagi menjadi sebuah skenario. Dan inilah hasilnya

 

 

    SKENARIO    

 

Pengabdian Untuk Sang Ibu

 

INT.RUANG KELAS.PAGI HARI

 

(MLS) KE ARAH DINI YANG BERDIRI DEPAN DI PINTU KELAS

 


 

(MS) DINI DUDUK DI BANGKU

 


(MLS) KE ARAH SARAH YANG DIPERKENANLKAN OLEH GURU DI DEPAN KELAS

 


 

(MS) KETIKA SARAH DAN DINI DUDUK BERSAMA DAN BERKENALAN

 


 

CUT TO:

INT.RUMAH SARAH.SIANG HARI

 

(MS) KETIKA DINI MECUCI PIRING DI RUMAH SARAH

 


 

(MLS) KETIKA DINI DAN SARAH BELAJAR DAN MAIN BERSAMA DI RUMAH SARAH

 

CUT TO:

EXT.SEKOLAHAN.SIANG HARI

 

BEBERAPA BULAN KEMUDIAN

 

(CU) MADING SEKOLAH KETIKA DINI LULUS DAN DAPAT BEASISWA KE KAMPUS IDAMANNYA DI JAKARTA

 


 

(MS+PROFIL) “Selamat ya Din, aku bangga jadi sahabat kamu, sekarang kamu lanjutkan kuliah di kampus yang kamu idam idamkan” (sambil menepuk pundak Dini)

 


 

(MCU) “iya Sarah, saya sangat beterima kasih sama kamu yang udah mau dukung saya, besok saya akan ke Jakarta, saya titip ibu ya sama kamu”

 


 

 

CUT TO:

INT.KAMAR TIDUR.MALAM HARI

 

(LS) KETIKA DINI TIDURAN DI PAHA IBUNYA, SAMBIL IBU MENGUSAP RAMBUT DINI

 


 

“Neng, kamu baik-baik ya disana, harus rajin beribadah, agar neng dijauhkan dari godaan syaitan dan pengaruh buruk” (sambil meneteskan air mata)

 

(CU) KETIKA WAJAH IBU NAMPAK SEDIH

 


 

(MS) “iya bu, neng akan jaga diri baik-baik, dan akan meluangkan waktu untuk menghubungi ibu, jangan sedih ya bu neng akan selalu inget prinsip neng, neng ingin menjadi perawat agar bisa mengobati warga di kampung bu”

 

CUT TO:

EXT.MONAS.SIANG HARI

 

(MLS) KETIKA DINI SUJUD DEKAT MONAS

 


 

(MCU) KETIKA DINI TERHARU KARENA SUDAH ADA DI JAKARTA

 


 

“Alhamdulillah ya Allah akhirnya saya bisa menginjakan kaki di Monas, yang selama ini saya hanya melihatnya di Tv saja” (sambil meneteskan air mata karena terharu).

 

CUT TO:

INT.KAMPUS.SIANG HARI

 

(CU) HP YANG DI PEGANG DINI DENGAN TULISAN “MEMANGGIL IBU”

 


 

(MS) KETIKA DINI SEDANG MENELPON IBUNYA

 


(LS) KETIKA DINI SEDANG BERADA DI KAMPUS

 


 

(MS) KETIKA DINI SEDANG BERADA DI PERPUSTAKAAN KAMPUSNYA

 


 

(¾ SHOT) KETIKA DINI SEDANG BELAJAR DI DALAM KELAS BERSAMA DENGAN TEMAN-TEMANNYA

 


 

BEBERAPA BULAN KEMUDIAN

 

CUT TO:

INT.KAMPU.SIANG HARI

 

(MCU) KETIKA DINI MENDAPAT TELPON BAHWA IBUNYA MENINGGAL

 


 

(CU) KETIKA DINI SEDIH KARENA IBUNYA MENINGGAL

 


 

CUT TO:

EXT.DEPAN PANTI JOMPO.SIANG HARI

 

DINI AKAN MELAMAR DIRI MENJADI SUSTER DI PANTI TERSEBUT

(CU) PANTI JOMPO SARI ASIH

 


 

BEBERAPA BULAN KEMUDIAN SETELAH DINI MENJADI PERAWAT DI PANTI JOMPO TERSEBUT

 

(MCU) “tuhan, saya akan menjaga nenek-nenek dan kakek-kakek disini dengan segala kekuatan saya, dengan kesabaran dan saya janji saya akan membuat mereka bahagia, sebagaimana saya membahagiakan alm ibu saya, ijinkan saya untuk menghabiskan sisa hidup saya bersama mereka ya tuhan, aamiin”

 


 

CUT TO:

INT.TEMPAT RESEPSIONIS.MALAM HARI

 

(LS) DUA PEREMPUAN YANG MEMASUKI PANTI JOMPO

 


 

(MS) WANITA MUDA YANG MENYERAHKAN IBUNYA

 


 

“suster, saya titip ibu saya ya, saat ini saya sedang banyak kerjaan di rumah, mulai dari mengurus rumah tangga dan karir saya sebagai pengusaha, saya tidak ada waktu untuk mengajak ibu jalan-jalan, ibu sudah terlalu tua dan susah diatur, saya cape suster, dari pada saya tambah dosa setiap hari marah-marahin dia karena dia keras kepala jadi saya mohon suster jagain ibu saya ya. Seminggu sekali saya akan tengokin ibu disini. Makasih suster”

 

(MCU) KE WAJAH NENEK

 


 

“bu maafin aku ya, aku sibuk sekarang, aku janji akan selalu jenguk ibu disini kalo aku punya waktu senggang ya, aku pergi bu”

 

(MS) BADAN DINI DAN NENEK KETIKA WANITA MUDA ITU PERGI

 


(MLS) DARI BELAKANG KE ARAH WANITA MUDA YANG MENINGGALKAN MEREKA

 


 

CUT TO:

INT.KAMAR TIDUR.MALAM HARI

 

(MS) KETIKA DINI MENEPUK BAHU NENEK

 


 

“ibu, jangan sedih ya, disini banyak teman yang akan menghibur ibu, ada saya juga yang akan selalu jagain ibu”

 

CUT TO:

INT.KAMAR DINI.MALAM HARI

 

(MS) KETIKA DINI MENULIS DI ATAS MEJA

 


 

(MCU) EKSPRESI DINI KETIKA MENULIS

 


 

(CU) TULISAN YANG SUDAH DINI SELESAIKAN

 


 

Cast:

 

Anatolia Ratna Dewi – Dini

Rindriana Marta Sari Putri – Sarah

Fajar Nur Rachmad – Pa Guru

Wirsa Angga Melia – Ibunya Dini

Rizqya Wulan Sari – Wanita Muda

Tiara Korompot – Nenek

 

Script Writer:

Anatolia Ratna Dewi

 

Cameraman :

Tiara

 

Ass. Cameraman:

Fajar

Rizqya

 

Wardrobe:

Anatolia

 

Custome Designer:

Anatolia

 

Big Thanks:

Allah SWT

SEAMOLEC

Dan Semua Yang Terlibat Dalam Pembuatan Project Ini

 

Selain itu kami juga diajarkan teknik pengambilan gambar yang biasa digunakan untuk penggarapan film. Jadi kuliah saya dan teman-teman selama ini sangat menyenangkan, karena secara tidak langsung kami diajarkan sebagai penulis, sutradara, dan cameraman.

Leave a Reply

