Project Music Digital .. Check This out !!

Minggu lalu saya telah melaksanakan yang namanya Ujian Akhir Semester tertulis untuk mata kuliah Music Digital yang diajarkan oleh Pa Karyana, Pa Bag dan Mas Prayitno.

Minggu ini adalah pembagian nilai ujian tersebut, deg degan ya karena saya takut mendapatkan nilai terkecil di kelas, secara saya waktu itu mengalami berbagai macam kesulitan ketika menghitung jarak nada, membuat chord, dan menggambar not balok.

Namun apa mau dikata #jengjeng saya mendapatkan nilai yang pas pasan => 70, alhamdulillah ya, ini nilai musik pertama saya dalam mata kuliah ini.



Ada 5 lembar soal ujian yang terdiri atas :

  • Pembuatan jarak tangga nada minor
  • Pembuatan jarak tangga nada mol
  • Akor instrumen pada gitar
  • Akor instrumen pada piano
  • Dan menulis not balok

Setelah ujian secara tertulis, barulah minggu ini ujian secara lisan, kami diberikan tugas Individu dan kelompok. Tugas individu adalah membuat instrumen pada guitar pro dengan lagu yang telah ditentukan yaitu Hymne Guru.

Lalu tugas kelompok adalah membuat instrumen pada guitar pro dan fruty loop. Satu kelompok terdiri atas 2 orang, ditugas ini saya berpasangan dengan Tiara Korompot dan membuat lagu yang entah apa maknanya. Tidak ada tema yang ditentukan karena saat itu kami berdua pikirannya sudah buntu. Hari Jumat sore diberi tugas, hari senin pagi dikumpul dan hari selasanyanya di presentasikan didepan kelas.

Tiara yang memberikan gagasan dan saya yang mengapresiasikannya dalam fruty loop, tema baru ditentukan pada saat musik selesai diaransemen. Tema yang pertama yaitu tentang “Detective” karena musiknya terdengar aneh. Tapi karena kurang cocok maka musik tersebut kami ganti tema menjadi “Musik tukang jualan makanan” mengapa begitu? Karena ada salahsatu nada yang seperti botol dipukul (tukang empek-empek). Namun masih merasa tidak cocok juga maka lagu tersebut di berikan tema “CatWalk” mengapa demikian? Saya juga tidak tahu, karena tema ini Tiara yang mengusulkan.

Setelah tema fix ditentukan, foto belum di edit, dan kami belum sempat mengambil gambar karena keterbatasan waktu. Maka tanpa berpikir panjang lagi saya menggunakan foto yang diambil secara terpisah lalu di edit. Editnyapun pas 5 menit sebelum presentasi dimulai.


Pikiran sudah sangat buntu saat itu, edit asal-asalan dan masih banyak kurangnya. Jadi maksud dari foto tersebut, saya dan Tiara adalah model CatWalk yang di foto jeprat jepret oleh wartawan lalu di cetak ke media masa (koran). Maaf juga untuk orang yang sudah saya crop fotonya ya hehe.

Fyi: lagu yang kami aransemen bisa didengar di https://soundcloud.com/anatholia-ratna-dewi/project-music-digital

Nah itu dia cerita saya ketika mengikuti kuliah “Music Digital”. Pengalaman pertama saya yang rasanya itu campur-campur, dari mulai heran, aneh, pusing, repot, menguras emosi dan air mata *lebay mode on.

Dan satu kata yang sering diucapkan oleh Pa Bag “Kok bisa ya?”

Pokonya saya suka dengan mata kuliah ini. Terima kasih pa Karyana, Pa Bagiono dan Mas Prayitno yang sudah mengajarkan kami pelajar yang sangat berharga ini. Saya tertarik untuk mendalami bidang ini, namun tidak sekarang karena masih sibuk untuk melanjutkan KKP yang berdekatan dengan TA.

Leave a Reply

