Kuliah Music Digital

Tidak terasa satu minggu sudah kuliah semester 5 dengan mata kuliah Music Digital di Seamolec. Pelajaran ini sangat menarik karna berhubungan dengan musik. Jujur saya sangat mencintai musik dari semua jenis musik yang pernah saya dengar sebelumnya.

Hari pertama masuk kelas saya dan teman-teman diperkenalkan terlebih dahulu dengan definisi-definisi dari melodi, ritme, harmoni, nada, frekunsi, irama dan teori tentang Music Digital .

Awalnya dosen yang paling hebat (menurut saya) beliau bernama Karyana, seorang laki-laki paruhbaya, namun pengetahuan beliau dalam hal apapun sangat wajib untuk dicontoh dan dihargai. Beliau sangat sederhana dalam kesehariannya, sabar, santun, dan kadang pemikirannya susah ditebak. Beliau mengatakan “musik itu selalu berkaitan dengan matematika” saya tidak percaya saat itu, namun setelah saya pelajari ternyata memang benar adanya. Kami berhitung, membuat chrod, belajar not angka dan not balok, dan yang sekarang sedang kami pelajari yaitu tentang Guitar Pro dan Fruty Loop Studio.

Saya tidak menyangka kalau saya bisa menggambar not balok dengan rumus, dan kemudian membuat kunci untuk gitar ataupun piano. Saya sangat menyukai musik namun tidak begitu suka dengan matematika, jadi saya sedikit lama saat menghitung antara jarak kunci nada ke kunci nada yang lainnya.

Sealin Pa Karyana, dosen yang tegas yaitu Pa Bagiono, beliau sangat tegas dalam menyampaikan materi, agak killer juga sih menurut saya, namun pa Bag (sapaan akrab) beliau suka bercanda menggunakan caranya sendiri sampai kami tidak menyadari bahwa beliau sedang bercanda. Dengan wajah yang sangar, kumis yang membentang dan mata yang selalu memandang tajam membuat kami segan untuk tidak serius dalam mengikuti pelajaran.

Dan yang paling berkesan adalah dosen muda yang gateng namun beliau sudah tidak lajang lagi, namanya Mas Prayitno, beliau dosen yang tersabar yang pernah saya temui selama ini. Saya mengalami kesulitan dalam berhitung, ataupun cara meletakan not balok yang benar dan lain-lain. Jika sedang di ruang kelas beliau selalu memancarkan wajah yang cerdas dan pikiran yang selalu jernih, secara tidak langsung kami selalu menerima pelajaran dengan baik.

Namun jika ujian telah tiba, entah mengapa nilainya selalu beda dari yang diharapkan. Materi yang diajarkan oleh Mas Prayit (sapaan akrab) adalah langsung memasuki ke pembuatan atau aransemen lagu menggunakan guitar pro. Ini dia tampilannya :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Awalnya say tidak mengerti sama sekali tentang gitar, hanya sebatas tahu saja, namun kali ini saya bisa main gitar dengan menggunakan guitar pro ini,

 


Lagu pertama yang harus di aransemen adalah lagu Hyne Guru, sekarang saya sudah bisa membuat not balok seperti gambar diatas.

 

 

 

Selain itu kami juga belajar menggunakan FL Studio

 

 

 

 

 

 

 


Ini adalah gambar penggabungan dari keseluruhan suara.

Yang paling mengherankan adalah ketika hari ke 5 kami langsung Ujian Tengah Semester, kuliah yang kilat ya.

Leave a Reply

