Pengenalan RMXP

RPG MAKER XP

RPG Maker XP atau yg lebih dikenal dengan nama RMXP adalah Software yang dibuat oleh Enterbrain agar kita dapat membuat game RPG sesuai dengan keinginan kita dan digunakan untuk membantu pembuatan sebuah game, walaupun orang tersebut tidak mengerti bahasa pemograman. Software ini dapat digunakan oleh orang awam untuk membuat game yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh dengan sangat mudah.

CARA INSTALLASI

 

  1. Download file RPG Maker XP terlebih dahulu.
  2. Kemudian buka file installer yang telah anda download dengan cara dobel klik, ataupun menekan enter.
  3. Akan muncul menu instalasi RPG Maker XP

  4. Pilih pilihan pertama, untuk menginstall engine RPG Maker XP terlebih dahulu.
  5. Setelah proses instalasi selesai, kemudian pilih Install RPG Maker Xp untuk mulai menginstall RPG Maker XP kita.

  1. Akan muncul halaman License Agreement, pilih option “I agree” dan kemudian tekan Next

 

 

 

  1. Setelah itu pilih tempat instalasi RPG Maker anda, biarkan saja default, dan tekan Next
  2. Dan RPG Maker XP telah terinstall dengan sukses di tempat anda.
  3. Untuk menjalankannya klik dua kali icon RPG Maker XP di Desktop anda

 

MEBUAT SEBUAH PROJECT

 

 

  1. Hal yang pertama kali harus kita lakukan adalah membuat sebuah project. Untuk melakukannya tekan gambar kertas di pojok kiri atas layar.

     


     

 

  1. Kemudian akan muncul jendela pembuatan project baru.


 

 

  1. Tulislah nama Project anda pada jendela Project Name, Judul game anda pada Game Title, dan lokasi penyimpanan project anda pada Location. Untuk mengganti lokasi penyimpanan project dapat anda lakukan dengan menekan tombol ellipsis (…)
  2. Setelah anda selesai membuat sebuah project, maka anda akan mendapatkan tampilan seperti di bawah ini.

     


 

  1. Sekarang kita dapat mulai membuat game kita. Pada bagian pojok kiri bawah anda akan melihat gambar sebuah folder dengan nama project anda. Anda juga akan menemukan sebuah file bernama MAP001, ini adalah map pertama anda, klik kanan pada map tersebut dan pilih map properties.


     

     

 

 

  1. Maka anda akan mendapatkan jendela berikut

     


     

     

    Nama Map berguna agar kita dapat membedakan antara map yang satu dengan yang lainnya saat kita sudah mempunyai banyak map. Ganti nama map dengan nama yang lebih mudah dikenali, misalkan saja hutan rawabelo.

     

    Tileset adalah sebuah kumpulan dari gambar persegi yang kita gunakan untuk membuat sebuah Map. Namun karena kita tak bisa membuat sebuah hutan menggunakan tileset grassland, maka kita perlu menggantinya. Tekan tanda panah disamping tulisan Grassland dan pilih “003: forest“.

     

    Ukuran sebuah map dapat anda atur di width dan height di jendela ini. Untuk map ini isi width dengan 22 dan height dengan 20.

     

    Musik background untuk sebuah peta dapat kita atur dengan cara memberi centang pada kotak Auto-Change BGM (Background Music) kemudian pilih musik background yang anda inginkan.

     

    Suara background untuk sebuah peta dapat kita atur dengan cara memberi centang pada kotak Auto-Change BGS (Background Sound) kemudian pilih suara background yang anda inginkan, apakah itu hujan, angin, ataupun yang lain.

     

    Encounters adalah tab dimana kita bisa mengatur musuh yang akan dihadapi oleh player saat sedang berjalan di map kita.

     

    Steps average adalah rata-rata langkah yang ditempuh sebelum player bertemu dengan musuh.

     

 

  1. Setelah anda mengganti property dari map tersebut, maka map tersebut akan bertambah besar, menyisakan ruang putih di pinggir.

     


 

 

  1. Untuk mengisinya, pilihlah Layer pertama, kemudian pilih tile yang bergambar rumput, lalu pilih flood fill.

     


     

 

  1. Setelah memilih Flood fill, tekan di sembarang bagian di layar putih untuk menggantinya menjadi rumput.

     


 

  1. Maka anda akan mendapatkan padang rumput.
  2. Kemudian pilih salah satu objek, layer kedua, dan kemudian pencil tool.

     


     

    Pencil Button adalah tool yang kita gunakan saat kita ingin menambahkan sebuah objek secara individual, jika kita menggunakan flood fill, maka seluruh yang mempunyai tile yang sama dengan yang dipilih akan diganti.

     

    Layer adalah tempat kita mengatur posisi object kita.

     

    Layer Pertama merupakan tempat kita menaruh rumput dan autotiles, dimana layer pertama tidak mengatur transparansi sebuah objek.

     

    Layer Kedua merupakan tempat object bagian bawah. Seperti misalnya pohon, rumah, tembok, atap rumah, dll

     

    Layer Ketiga merupakan tempat object bagian atas. Seperti misalnya jendela, buku di meja, pohon yang menutupi pohon, dll.





 

  1. Untuk menambahkan sebuah objek yang mempunyai ukuran lebih besar dari satu layer, misalkan sebuah pohon, maka yang harus anda lakukan adalah menseleksi semua pohon tersebut terlebih dahulu, baru kemudian menggambarnya ke layer menggunakan pencil tool.

 


 

  1. Tambahkan beberapa object lagi di layer ke dua. Gunakan Auto tiles yang mempunyai rumput di sekelilingnya pada layer pertama. Sedangkan gunakan auto tiles yang bewarna putih di sekelilingnya pada layer kedua.

     


    Auto tiles merupakan sebuah tile yang akan menyesuaikan bentuk dirinya sendiri saat digunakan, seperti misalnya jalan raya, danau, air terjun, dsb.

 

  1. Untuk mengatur tempat mulai player, yang harus dilakukan adalah memilih event layer kemudian klik kanan di tempat yang ingin anda jadikan titik mula. Pilih pilihan Player starting position untuk menjadikan tempat tersebut titik mula petualangan player kita.

     


     

 

  1. Setelah itu tekan tombol Play untuk mencoba game kita.

     


 

  1. Dalam sebuah game umumnya terdapat lebih dari 1 map dan player bisa berpindah-pindah dari satu map ke map yang lain.

    Sekarang kita akan membuat map ke dua dan cara untuk transfer player Klik kanan pada nama project, pilih new map.

     


 

  1. Beri nama pada map, dan tentukan tinggi lebarnya

     


     

  2. Pada layer1, tutupi semua dengan tile rumput dan pada pinggiran map diisi dengan auto tile air.

     


     

 

  1. Pada layer event, tambahkan event transfer player

    player starting position pada map kemah

     



 

  1. Pada direct appointment, kita ganti tempat yang akan dituju menjadi ke map hutan rawabelo.

     


     

  2. Trigger pada event ini juga kita ganti menjadi player touch

     


     

 

  1. Tekan tombol play untuk menjalankan game

     


     

    Player akan berpindah ke map lainnya

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s