Office Automation

ARTI DAN FUNGSI OTOMATISASI PERKANTORAN

Otomatisasi dalam bahasa Inggris disebut automation memiliki padanan kata

“mechanization dan computerization” (Lernout & Hauspie Speech Products N.V., 1993).

Automation memiliki dua makna yaitu :

1)      the use of automatic equipment to save mental and manual labour (penggunaan

peralatan otomatis untuk menghemat pikiran dan tenaga).

2)      the automatic control of the manufacture of a product through its successive stages (kendali otomatis dalam pembuatan suatu produk dengan tahapan yang sistematis).

Mechanization yang memiliki kata kerja mechanize memiliki arti give a mechanical

caracter to (menerapkan sistem mekanis), dan compurization dengan kata kerja

computerize mengandung makna 1) equip with a computer, install a computer in

(menggunakan komputer) dan 2) store, perform, or produce by computer (menyimpan,

melaksanakan, atau menghasilkan dengan komputer) (AND Complex for Windows, 1993).

Uraian definisi otomatisasi di atas, menunjukkan esensi makna otomatisasi

yaitu  proses penggunaan peralatan otomatis yang memiliki sistem kerja sistematis.

Otomatisasi akan berdampak pada pengurangan penggunaan tenaga manusia, yang tentu

saja akan menimbulkan masalah tersendiri dan akan kita bahas dalam sub bab yang akan

datang.

Otomatisasi sangat berkaitan erat dengan mekanisasi dan komputerisasi.

Hal ini mengisyaratkan bahwa otomatisasi berarti penggunaan alat-alat mekanis dan lebih

khususnya komputer. Dengan kata lain, membahas otomatisasi berarti mengupas

berbagai peralatan mekanis dan komputer, tentu saja dengan tetap memperhatikan

relevansinya dengan objek yang diotomatisasi, dalam hal ini perkantoran. Perkantoran,

sebagaimana telah diuraikan pada sub bab latar belakang, merupakan kegiatan yang

berhubungan dengan pelayanan (services) dalam perolehan, pencatatan, penyimpanan,

penganalisaan, dan pengkomunikasian informasi. Cakupan aktivitas perkantoran meliputi

kegiatan-kegiatan seperti pencatatan,  pembuatan dan pengolahan naskah (word

processing); penyajian/display, pengelompokan/sortir, dan kalkulasi data (spreadsheet);

pengelolaan database; melakukan perjanjian,  pertemuan, dan penjadwalan

(appointment); presentasi; korespondensi; dokumentasi; dan sebagainya.

Otomatisasi perkantoran berarti pengalihan fungsi manual peralatan kantor

yang banyak menggunakan tenaga manusia kepada fungsi-fungsi otomatis dengan

menggunakan peralatan mekanis khususnya komputer. Waluyo (2000) menegaskan

bahwa era otomatisasi perkantoran dimulai bersamaan dengan berkembangnya teknologi

informasi, penggunaan perangkat komputer untuk keperluan perkantoran. Otomatisasi

perkantoran sering juga diistilahkan dengan kegiatan perkantoran elektronis (electronic

office/e-office). Perkantoran elektronis adalah aplikasi perkantoran yang mengganti proses

administrasi berbasis manual ke proses berbasis elektronis dengan memnfaatkan fasilitas

jaringan lokal (LAN). Istilah ini yang dipergunakan dalam keputusan menteri

pendayagunaan aparatur negara nomor 13/KEP/M.PAN/1/2003 tentang pedoman umum

perkantoran elektronis lingkup intranet di lingkungan instansi pemerintah.

Otomatisasi perkantoran tidak bisa dipisahkan dari teknologi perkantoran sebab

otomatisasi merupakan bentuk pengembangan teknologi, dalam hal ini pergeseran dari

teknologi manual kepada teknologi otomatis. Pakpahan (2006) menjelaskan teknologi

perkantoran sebagai berikut :

“Teknologi perkantoran adalah bagaimana proses mencatat, menghimpun,

mengolah, memperbanyak, mengirim dan menyimpan bahan-bahan keterangan

secara efisien dengan menggunakan mesin-mesin. Oleh karena itu perlu sekali

mengenal tentang jenis mesin untuk keenam macam kegiatan itu dan bagaimana 2

cara menggunkannya. Untuk dapat menggunakannya dengan baik perlu mengetahui

ciri-ciri tiap-tiap mesin, cara kerjanya, bagian-bagiannya dan cara-cara

pemeliharaannya”.

Paparan di atas mengisyaratkan bahwa otomatisasi perkantoran merupakan

proses peralihan dalam teknologi perkantoran. Dengan kata lain, mempertegas definisi

sebelumnya, bahwa otomatisasi perkantoran merupakan proses pengalihan metode

pencatatan, penghimpunan, pengolahan, penggandaan, pengiriman, dan penyimpanan

bahan-bahan keterangan dari metode manual yang banyak melibatkan tenaga manusia

kepada metode otomatis yang banyak melibatkan operasi mesin otomatis bahkan

komputer. Sedikit mereview teknologi perkantoran yang lazim diterapkan, umumnya

mencakup penggunaan peralatan yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :

  • Dilihat dari tenaga penggeraknya, yaitu :
    • Mesin manual ialah mesin-mesin yang digerakkan oleh tenaga manusia.
    • Mesin listrik (elektrik) ialah mesin-mesin yang digerakkan dengan tenaga listrik atau baterai
      • Dilihat dari cara kerja dan komponen mesinnya :
        • Mesin mekanik yaitu mesin-mesin yang rangkaian komponennya tampak bergerak dalam operasinya.
        • Mesin elektronik yaitu mesin-mesin dengan rangkaian komponen elektronik, berupa kabel-kabel.
      • Dilihat dari fungsinya dalam berbagai pekerjaan kantor, yaitu :
        • Mesin-mesin untuk mencatat bahan keterangan diantaranya :

      *  Mesin tulis

      *  Mesin dikte

      *  Mesin penomor

      *  Asahan pensil

      • Mesin-mesin untuk menghimpun bahan keterangan :

      *  Pembuka surat

      *  Mesin penjilid

      *  Hechtmachine

      *  Pemotong kertas

      *  Pencatat uang kas

      • Mesin-mesin untuk mengolah bahan keterangan :

      *  Mesin jumlah

      *  Mesin hitung

      *  Komputer

      • Mesin-mesin untuk memperbanyak bahan keterangan :

      *  Mesin stensil

      *  Mesin stencil spirtus

      *  Mesin fotocopi

      *  Mesin perekam sheet

      *  Mesin offset

      *  Berbagai mesin cetak

      • Mesin-mesin untuk mengirmkan bahan keterangan :

      *  Telepon dan interphone

      *  Teleprinter

      *  Facsimile

      • Mesin-mesin untuk menyimpan bahan keterangan :

      *  Mikrofilm

      *  Penghancur kertas

      *  Pelubang kertas/kartu

    Otomatisasi penting dilakukan dalam upaya meraih efektivitas dan efisiensi

    proses/kegiatan perkantoran. Seiring dengan desakan global dan perkembangan teknologi

    informasi yang menuntut terselesaikan proses pengolahan informasi secara cepat dan

    akurat, kebutuahn peralihan metode dari manual ke otomatis sudah menjadi keniscayaan

    untuk segera dipenuhi. Namun, bukan berarti dengan serta merta meninggalkan seluruh proses manual dan memangkas tenaga kerja, sebab banyak aspek-aspek lain yang harus

    menjadi pertimbangan dalam melakukan otomatisasi.

    Otomatisasai perkantoran adalah semua system informasi formal dan informal

    terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang

    berbeda di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan kata lain otomatisasi perkantoran

    merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan

    proses pelaksanaan pekerjaan.

                    Beberapa system otomatisasi perkantoran secara formal dan didokumentasikan

    dengan suatu prosedur tertulis. System formal ini diterapkan di seluruh perusahaan untuk

    memenuhi kebutuhan organisasi, mirip dengan sistem informasi manajemen. Namun

    sebagian besar system otomatisasi perkantoran tidak direncanakan atau diuraikan secara

    tertulis. System-sistem informal ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk

    memenuhi keperluaannya sendiri. Dan otomatisasi perkantoran dimaksudkan untuk

    memudahkan segala jenis komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis

    Asal mula otomatisasi perkantoran di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan

    istilah word-processing untuk menjelaskan kegiatan devisi mesin tik listriknya. Bukti nyata,

    pada tahun 1964-an, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape/Selectric

    Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam

    dalam pita magnetik secara otomatis. Otomatisasi kantor digunakan oleh semua orang

    yang bekerja di dalam kantor. Pada dasarnya ada empat kategori pemakai otomatis

    kantor, yaitu :

1)      Manajer adalah orang yang bertanggung jawab mengelola sumberperusahaan terutama sumber daya manusia.

2)      Profesional yakni tidak mengelola orang tetapi menyumbang keahlian khusus (mis. Pembeli, wiraniaga, dan asisten staff khusus). Manajer dan profesional secra bersama dikenal sebagai pekerja terdidik.

3)      Sekretaris bisanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.

4)      Clerical Employee (pegawai administratif) melaksanakan tugas untuk-tugas untuk sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen dan mengirimkan surat.

Otomatisasi perkantoran mencakup semua system elektronik formal dan

informal yang terutama berkaiatan dengan komunikasi informal dari orang-orang didalam

maupun diluar perusahaan.Sistem Elektronik Formal dimaksudkan sebagai kegiatan

perkantoran yang dokumentasiakan dengan suatu prosedur tertulis. semua perusahaan

menerapakan system formal untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Misalnya untuk

pengelolaan informasi yang didistribusikan ke manajer berupa laporan-laporan periodik

maupun laporan khusus.Sistem Elektronik informal berarti system perkantoran yang tidak

direncanakan atau diuraikan secara tertulis. System-sistem informal ini diterapkan saat

diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri. Misalnya melakukan

konsultasi atau diskusi dengan pengambil keputusan lainnya.

System informal dalam otomatisasi perkantoran menjadikan ciri tersendiri

dalam penggunaan komputer dalam perusahaan, Karena otomatisasi perkantoran

dimaksudkan untuk memudahkan jenis komunikasi. Otomatisasi perkantoran tidak hanya

melayani orang-orang didalam perusahaan, akan tetapi juga dengan orang lain di

lingkungan perusahaan.

Dalam gambar model Otomatisasi perkantoran di atas tidak terjadi aliran

data tetapi hanya ada aliran komunikasi dan informasi. Pengertian data sendiri adalah

penggambaran dari segala sesuatu dari sebuah kenyataan maupun kejadian. Melalui proses pengolahan data, sebuah data menjadi lebih bermanfaat bagi penggunanya dan

disebut sebagai informasi. Pengertian komunikasi adalah adanya saling tukar menukar

informasi antara dua obyek atau lebih.

Konsep-konsep otomatisasi :

*  Proses yang terjadi diperkantoran seperti halnya proses manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi.

*  Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah dan tanpa rencana menuju aplikasi yang terencana dan terpadu.

*  Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi.

*  Otomatisasi kantor memberikan keuntungan lebih besar melalui pengambilan keputusan yang lebih baik.

*  Otomatisasi kantor sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti.

Manfaat Otomatisasi Kantor

Otomatisasi perkantoran merupakan kaitan berbagai komponen dalam

menangani informasi; mulai dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan

teknologi secara optimal dan campur tangan manusia secara minimal. Dengan demikian

akan membuat informasi menjadi lebih mudah dan murah digunakan, dipindahkan, dan

dirawat. Pada akhirnya dapat meletakkan landasan yang kuat untuk integrasi informasi

sehinggga perusahaan mampu berkompetisi lebih baik.

1. WORD PROCESSING

Word processing adalah penggunaan suatu peralatan elektronic yang secara otomatis

melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau cetak.

Word processing memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah dengan

memberikan kemampuan kepada manajer untuk membuat komunikasi tertulis yang lebih

efektif untuk diberikan kepada anggota lain.

Contoh software : (diambil 1 saja dan free download).

OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi

untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt

.rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik. Memiliki fitur pengolah kata modern seperti

AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking,

Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables. Program ini

sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk

membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading.

Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang

sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar).

2. ELECTRONIK MAIL

Electronic mail yang dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan komputer yang

memungkinkan pemakai untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan dengan

menggunakan terminal komputer dan peralatan penyimpanan.

Metode pengiriman

Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat

elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Untuk

lebih jelasnya lihat diagram dibawah.

Cara membaca surat elektronik

Surat elektronik pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila

seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu

surat elektronik gratis. Surat elektronik yang diterima akan disimpan di server surat

elektronik ISP.

Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik :

  • Dengan cara menggunakan ‘browser’, seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
  • Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.

Etika penggunaan surat elektronik

Etika dalam surat elektronik sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada surat elektronik yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting :

  • Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat elektronik penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia surat elektronik juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya,
  • Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi

orang yang dituju.

  • Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
  • Dalam mengutip tulisan orang lain, selalu usahakan mengutip seperlunya, jangan mau gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu :

o dalam menjawab surat elektronik orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja, selain lebih jelas juga tidak memakan waktu / jatah akses penerima, o dalam  mengutip tulisan orang ketiga, ingat hak cipta: kutip sesedikit mungkin dan rujuk ke tulisan aslinya.

  • Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
  • Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.3. VOICE MAILVoice mail persis sama dengan electronic mail. Perbedaannya bahwa anda hanya

    mengirimkan pesan dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan

    mengetiknya. Dan anda menggunakan telepon untuk memanggil pesan yang telah

    dikirimkan kepada anda.

  1. Contoh software:

Voice Connector adalah aplikasi untuk menunjang komunikasi dalam bentuk suara dan

teks dalam jaringan lokal. Pengguna dapat memilih penerima pesan dan berbicara

dengannya dalam waktu yang sama tanpa harus menginterupsi atau menutup aplikasi

yang sedang dijalankan. Hal itu dimungkinkan karena software buatan Aledentsoft ini

menggunakan teknologi Quickswitch dan Overlay Message. Keuntungan tersebut

tentunya sangat mendukung bagi bisnis internet café dan game center.

Fitur lain yang dimiliki oleh Voice Connector adalah voice mail dimana pengguna dapat

menyimpan pembicaraan dan memutarnya lagi. Hal itu dapat membantu dalam hal bisnis

dan pendidikan. Selain itu, Voice Connector juga dapat mengirimkan pesan teks.

Keduanya baik itu koneksi suara dan teks dapat digunakan secara P2P (phone to phone

atau peer to peer) mode dan juga broadcast mode (pengguna dapat berbicara dengan

banyak pengguna lainnya bersamaan).

4. ELECTRONIC CALENDARING

Electronic calendaring adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan

memanggil acara yang telah ditetapkan oleh manajer. Electronic calendaring bersifat

khusus diantara aplikasi otomatisasi kantor, karena ia hanya menyusun terjadinya

komunikasi bukan mengkomunikasikan informasi.

5. AUDIO CONFERENCING

Audio conferencing adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat

hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan

melakukan konferensi. Audio conferencing adalah aplikasi oa pertama yang tidak

memerlukan komputer. Ia hanya memerlukan penggunaan fasilitas komunikasi audio dua arah.

Contoh software :

FireWire adalah adalah merek dagang Apple sekaligus nama yang paling populer

untuk standar kabel data antar-muka berseri IEEE 1394. Sony memperkenalkan

IEEE 1394 dengan nama i.Link. Meski namanya berbeda-beda, ketiganya (FireWire,

IEEE 1394 dan i.Link) sama-sama menunjuk pada jenis kabel data yang mampu

mengirim data dengan kecepatan sangat cepat, sampai pada rata-rata 400 megabit

per detik (Mbps). FireWire diklaim sebagai saluran penghantar data yang paling

cepat dan stabil diantara saluran lain seperti USB.

6. VIDEO CONFERENCING

Video conferencing melengkapi signal audio dan signal video. Peralatan televisi digunakan

untuk mengirim dan menerima signal audio dan video. Orang yang berada dalam suatu

lokasi dapat melihat dan mendengar suara orang yang berada di lokasi lain selagi

konferensi dilakukan.

Tiga konfigurasi video conferencing ( tergantung pada

peralatan yang digunakan ), yaitu :

1)      Video satu arah dan audio satu arah

2)      Video satu arah dan audio dua arah

3)      Video dan audio dua arah

Pengaplikasiannya :

Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna

keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide

Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada

teknologi secara umumnya, sehingga kata web terkadang diganti dengan kata lain yang

mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang

memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan

pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan

VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang

dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.

7. COMPUTER CONFERENCING

Computer conferencing adalah penggunaan jaringan komputer, sehingga memberi

kemampuan seseorang untuk melakukan pertukaran informasi selama proses terjadinya

konferensi. Aplikasi ini hampir sama dengan electronic mail, karena kedua aplikasi ini

menggunakan hardware dan software yang sama. Istilah ‘teleconferencing’ digunakan

untuk menjelaskan ketiga bentuk alat elektronik untuk konferensi. Teleconferencing

digunakan dalam seluruh proses pemecahan masalah yang gunanya untuk menukar

informasi diantara pemecah masalah (orang-orang yang memecahkan masalah) yang

berada dikotayang berlainan.

Contoh aplikasi sama seperti AUDIO CONFERENCING.

8. FACSIMILE TRANSMISSION

Facsimile transmission yang biasanya disebut fax, adalah penggunaan peralatan khusus

yang dapat membaca tampilan dokumen pada ujung channel komunikasi dan membuat

salinan atau copy di ujung yang lain. Fax sangat mudah diimplementasikan dan

dioperasikan. Jalur telepon suara dapat berfungsi sebagai channel-nya dan

pengoperasian peralatannya tidak lebih sulit daripada mengoperasikan mesin fotocopy.

Proses kerja

Proses kerja mesin faks diawali dengan keharusan bahwa penerima dan pengirim harus

memiliki mesin faks. Pengirim akan memasukkan dokumen yang hendak dikirim ke bagian

feeder mesin faks dan selanjutnya menekan nomor telepon mesin faks yang dituju. Ketika

koneksi telah terjadi dengan mesin faks tujuan, maka mesin faks akan melakukan

scanning dengan membaca area yang sangat kecil pada dokumen tersebut. Mesin faks

tersebut akan mengubahnya menjadi suatu sinyal listrik untuk kemudian menerjemahkan

daerah yang dibaca sebagai daerah gelap atau terang dengan menandainya “0” untuk

gelap dan “1” untuk terang. Sinyal listrik tersebut lalu ditransmisikan melewati saluran

telepon dan menuju mesin penerima faks. Mesin penerima tersebut kemudian menangkap

dan mengartikan sinyal listrik untuk membuat suatu dokumen yang persis sama dengan

aslinya dan kemudian mencetaknya.

9. VIDEOTEXT

Videotext adalah penggunaan komputer untuk tujuan memberikan tampilan materi tekstual

pada layar crt. Materi tekstual dapat berbentuk naratif atau tabulasi, dan ia disimpan

dalam penyimpanan sekunder pada computer.

 

SEJARAH VIDEO TEXT

Videoteks dikembangkan oleh Sam Fedida beserta rekan-rekannya di British

Telecommunications Research Laboratories pada tahun 1971. Motivasi pengembangan

teknologi yang mulai diujicobakan pada 1976 ini adalah untuk memberi kemudahan bagi

masyarakat. Yakni melalui peningkatan penggunaan telepon, kebutuhan pelayanan

informasi yang interaktif, dan sebagainya. Selanjutnya, videoteks berkembang semakin

pesat dengan rentang pengguna yang luas, dari rumah tangga hingga perusahaan atau

kantor-kantor besar. Perkembangan videoteks pada tahun 80-an dimulai dengan lahirnya

empat sistem videoteks yang masing-masing saling tidak kompatibel. Tentunya, keempat

videoteks yang dikembangkan di negara-negara yang berbeda ini masing-masing

bertujuan memenangkan pasar dengan dukungan dana yang sangat besar dari

pemerintah. Keempat videoteks tersebut adalah :

 

  1. Videoteks dikembangkan oleh Sam Fedida beserta rekan-rekannya di British Telecommunications Research Laboratories pada tahun 1971. Motivasi pengembangan teknologi yang mulai diujicobakan pada 1976 ini adalah untuk memberi kemudahan bagI masyarakat. Yakni melalui peningkatan penggunaan telepon, kebutuhan pelayanan informasi yang interaktif, dan sebagainya. Selanjutnya, videoteks berkembang semakin pesat dengan rentang pengguna yang luas, dari rumah tangga hingga perusahaan atau kantor-kantor besar. Perkembangan videoteks pada tahun 80-an dimulai dengan lahirnya empat sistem videoteks yang masing-masing saling tidak kompatibel. Tentunya, keempat videoteks yang dikembangkan di negara-negara yang berbeda ini masing-masing bertujuan memenangkan pasar dengan dukungan dana yang sangat besar dari pemerintah. Keempat videoteks tersebut adalah informasi. Kemudian, di tahun 1982, PRESTEL meluncurkan layanan baru GATEWAY yang memperluas layanan ke database yang telah ada. Data terakhir pada pertengahan 1980-an, PRESTEL telah memiliki 250.000 orang pengguna dengan 50.000 terminal.
  2. ANTIOPE, diciptakan oleh badan penyiaran dan pos Perancis. Pada tahun 1986, lebih dari 2000 provider informasi dan jasa yang telah tergabung dalam terminal videoteks, meliputi 150 pelayanan media, 150 pelayanan finansial dan bank, 150 pedagang retail, dan sisanya tersebar dalam bidang pariwisata, pendidikan, pelayanan pemerintah, pertanian, kesehatan, transportasi, asuransi, dan industri.
  3. TELIDON, didanai oleh departemen komunikasi Kanada dan menghadirkan sistem yang berbeda secara radikal.
  4. CAPTAIN, diluncurkan oleh Jepang pada tahun 1980.

10. IMAGE STORAGE AND RETRIEVAL

Beberapa jenis perusahaan mempunyai volume dokumen yang besar, sehingga mereka

harus menyimpannya dalam file agar informasi dapat dipanggil atau didapatkan kembali

jika diperlukan.

Untuk mengatasi masalah mengenai penyimpanan dan pemanggilan tampilan maka

digunakan microform, yang berupa microfilm dan microfiche. Microform akan mengurangi

kebutuhan ruang yang diperlukan oleh dokumen kertas sampai sekitar 97%. Image

storage and retrieval digunakan dalam pemecahan masalah ketika ia diperlukan untuk

melihat kembali dokumen historis untuk tujuan pemahaman masalah.

Contohnya : situs penyedia seperti photobucket.

11. DESKTOP PUBLISHING

Desktop publishing atau dtp adalah pembuatan output tercetak yang kualitasnya hampir

sama dengan yang dihasilkan oleh typesetter. Sistem desktop publishing terdiri atas

mikrokomputer dengan layar crt yang beresolusi tinggi, printer laser, software desktop

publishing. Penggunaan desktop publishing sebagai alat pemecahan masalah meliputi

aplikasi administrasi dan teknis. Penampilan dokumen iklan yang profesional dan menarik

akan memberikan komunikasi yang efektif.

Contoh :

 

Microsoft Publisher adalah sebuah program aplikasi untuk sistem operasi Windows

yang digunakan untuk Desktop publishing. Program ini merupakan buatan Microsoft

Corporation, dan mulai pada versi Microsoft Office System 2003, telah

diintegerasikan ke dalam paket tersebut. Kini, namanya menjadi Microsoft Office

Publisher. Versi terbarunya adalah Microsoft Office Publisher 2007 yang terintegrasi

dengan Microsoft Office Publisher 2007.

 

1)      Video satu arah dan audio satu arah

2)      Video satu arah dan audio dua arah

3)      Video dan audio dua arah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s