Tugas Desain 2D

pada saat saya mengikuti mata kuliah desain 2D saya mendapatkan banyak materi yang berkaitan dengan Bitmap, Vektor dll.

 

Vektor adalah gambar yang ditampilkan menggunakan definisi matematis berbentuk garis Masing-masing garis terdiri dari cukup banyak titik-titik poin yang saling terhubung, atau dapat juga terdiri dari beberapa titik poin pengontrol yang saling terhubung menggunakan bezier curves.


Contoh Vektor

Sedangkan Bitmap adalah kumpulan bit yang membentuk sebuah gambar.

gambar tersebut memiliki kandungan satuan-satuan titik (pixel) yang memiliki warnanya masing-masing.


Contoh Bitmap

Disitu kami di beri quiz tentang hal apa saja yang berkaitan dengan bitmap dan vektor. Setelah menyelesaikan quiz tersebut berlanjut ke materi selanjutnya, yaitu hand cartoon. Di materi tersebut kami di tantang untuk menggambar dengan tangan dan bantuan sofware grafis yaitu Photoshop. Karena gambar-gambar tersebut harus di jadikan gambar berbasis gif.


 

Nah, ini adalah hand cartoon yang saya buat. Tidak terlalu bagus memang tapi karena saya sangat suka dengan “Dora The Explorer”, maka timbulah inspirasi untuk saya jadikan gif.

Pada tugas kali ini banyak sekali kesulitan yang saya alami, mulai dari menggambar, karena saya tidak hobi dan tidak memiliki keahlian di bidang tersebut.

Selain menggambar, sayapun bingung cerita apa yang terkandung didalamnya, yasudah saya menceritakan tentang menjaga kebersihan yang dimulai dari membuang sampah pada tempatnya.

 

 

Setelah selesai mengerjakan hand cartoon, di lanjutkan ke hand cartoon yang menggunakan software grafis seperti (InDesain, Corel Draw, Photoshop, dll). Tapi pada kesempatan kali ini saya menggunakan paint, tidak jauh dari gambar-gambar sebelumnya.

Kata bapak dosen saya, tema itu harus mengandung unsur pendidikan, dan dilarang mengandung unsur hara, pornografi, ataupun kekerasan. Kali ini saya menggambar tentang “Perlunya Pendidikan Untuk Membangun Masa Depan yang Cerah”.




Sempat di tegor oleh bapak dosenya, masa orang yang lagi wisuda dibilang Vampire China .. oh sedih sekali rasanya.. memang sih pas saya liat-liat mirip sama vampire heheh.. maklumi saja saya kan ga bisa gambar.

Setelah membuat hand cartoon yang kedua, maka bapa dosenpun memberikan tugas selanjutnya yaitu membuat komik menggunakan pixton.com

Dimana dalam website tersebut sudah ada tatacaranya, karakter yang dibutuhkan, serta berbagai macam gambar bantuan, seperti background, set rumah, ataupun pemandangan dll.

Dalam komik tersebut saya membuat cerita tentang “Belajar tidak harus didalam kelas saja, Melainkan di luar kelas lebih bisa membuka Pikiran kita”. Dan kebetulan cerita yang dikembangkan tentang persahabatan tidak jauh-jauh dari cerita sebelumnya, yaitu maih terinspirasi dari “Dora The Explorer”.

Persahabatan antara manusia dan hewan. Pemeran utamanya adalah “Maya” (gadis kecil), dan “Oddie” (kuda). Ya meskipun terdengar aneh manusia berteman dengan kuda, tapi makna yang terkandung didalamnya adalah, “kuda aja mau belajar, masa manusia ga mau”.

Dan lagi-lagi saya dapat teguran dari bapak dosennya, “masa kuda bisa ngomong? Anna autis nih”.. hemmm tapi gak apa, namanya juga masih belajar hehehe..


 

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pacar saya yang sudah membantu mengembangkan cerita serta membantu mengerjakan nya juga.

Setelah selesai mengerjakan komik di pixton.com, maka dilanjutkan ke tugas yang berikutnya, yaitu komik life. Yang para figurnya adalah kami. Kelompok saya ada 3 orang, yaitu saya Anatholia Ratna Dewi, Rizqya Wulan Sari, dan Siti Fidhyatul H Agoan.

Cerita yang kami kembangkan adalah tentang pentingya kejujuran, dan jika ingin menolong seseorang tanpa pandang bulu istilahnya ga milih-milih siapa yang mau kita tolong.


Itu adalah cover dari komik yang kami buat, pemainnya cantik-cantik bukan ?? heheh

 


Nah, itu adalah tugas terakhir yang kami kerjakan secara berkelompok. Bagaimana cukup menarikkah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s