Materi Kuliah

Halo teman-teman, apa kabar hari ini? Salam sejahtera bagi anda

            Pada hari Kamis tepatnya tanggal 8 Maret 2012 saya telah belajar Bahasa Indonesia 2 (Madya Teknik Penulisan Laporan) yang di ajarkan oleh Bapak Bagiono dan Bapak Karyana. Materi yang diajarkan adalah tentang “Estetika”.

Estetika adalah Hal yang berkaitan dengan keindahan baik itu secara tertulis maupun lisan. Contoh saja iklan di televisi akan terlihat indah jika kalimat yang digunakan dapat  dimengerti dan dipahami oleh masyarkat.

terus terang, terang terus”

Makna dari kalimat tersebut adalah jujur, dan terus bersinar. Namun ada kalimat yang tidak kalah indah yaitu di sebuah tempat makan.

“Jika anda tidak makan disini, maka kami tidak makan” 

            Artinya jika anda tidak membeli makanan disini, maka kami tidak mendapatkan rejeki / nafkah. Kalimat itu dapat terlihat dan terdengar indah karena di buat oleh seorang copywriter. Apa itu copywriter? Copywriter adalah seorang pembuat kalimat dalam iklan.

Contoh kalimat :

  • Ada yang indah diantara yang tidak indah

Maksudnya adalah, akan terlihat indah jika suatu objek di letakkan berdampingan dengan objek yang kurang bagus. Ekstrinsik adalah sesuatu yang dibandingkan dengan yang lain di luar lainnya.

Dibidang kesenian kita harus menggunakan prinsip seni rupa, yaitu :

  1. Kesatuan, contoh saja sebuah kursi akan terlihat indah jika kursi tersebut sudah di susun sempurna, namun jika kursi tersebut hanya berupa kayu, busa, senderan, dan tempat duduknya itu belum menjadi sebuah kursi. tetapi jika semua benda tersebut sudah disusun sampai sempurna dan hasilnya akan kita sebut sebagai kursi.
  2. Keseimbangan, sebuah seni rupa akan terlihat indah jika seni tersebut simetris (seimbang antara kiri dan kanan beda tersebut).  Contohnya gambar berikut :

Gambar tersebut akan terlihat seimbang jika kotak “B” di beri corak warna yang berat yaitu hitam. Meskipun kotak “B” ukurannya lebih kecil dari kotak “A” tapi jika terlihat seimbang karena kotak tersebut memeiliki keunikan.

  1. Keserasian, kita harus bisa menyelaraskan warna yang tepat untuk seni yang kita buat, contohnya kenapa orang mengguankan pakaian formal itu warnanya kemeja putih dan celana hitam? Karena warna hitam memeberikan kesan berat, beda halnya dengan putih.
  2. Irama, bukan hanya di musik saja yang yang terdapat irama, namun di seni rupa pun harus ada iramanya. Contohnya pagar tetangga memiliki garis yang berulang, itu bisa di sebut irama, tapi bagaimana jika pagar tetangga yang lainnya bulat? apakah itu juga sebuah irama? Tentu tidak, irama adalah sebuah seni perulangan, jadi jika pagar yang bulat tersebut berulang-ulang maka bisa disebut irama.
  3. Memiliki eye catching, sebuah seni akan terlihat indah jika seni tersebut mempunyai daya tarik bagi siapa saja yang melihatnya. Contoh

Saya memiliki 3 buah kotak dengan warna berbeda :

 

Pertanyaannya adalah kotak manakah yang memiliki eye catching? Tentu anda akan menjawab kotak “C” mengapa? Karena kotak “C” warnanya lebih terang, siapapun yang melihatnya akan langsung tertuju ke kotak tersebut.

  1. Proporsi/perbandingan
  2. Komposisi/Pengaturan Warna, jadi sebuah seni akan terlihat indah jika kita juga pandai memilih warna yang tepat untuk setiap objek seni yang akan kita kerjakan.

Kesimpulannya adalah, sebuah seni akan terlihat lebih indah karena ada campur tangan manusia.

Cukup sekian yang bisa saya share untuk materi kuliah kali ini, semoga masih bisa bertemu di lain  waktu denga mata kuliah yang berbeda ..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s